Her 2nd flight

Baru aja mendarat di jakarta untuk kesekian kalinya dalam rangka pernikahan sepupu.

Deg2an pasti karena bawa bocah dua tahun ini.  Tensionnya berat man,naik plane dan party.

Tahun lalu waktu ke bali, CK masih kecil. Dan acaranya jalan2. So masih gampang ya, sampe pesawat dia belum peduli ada dimana langsung merem tidur.

Kalau sekarang, si bocah ini udah tau dia bakal naik plane. Banyak pertanyaan dan antusiasme.
Jelas2 ngantuk, ga mau tidur. Emaknya deg2an dong. Ga boleh jalan2 kan, dlm hati berdoa trus smg dia ga minta jalan2.

Untungnya sebelum naik plane, di ruang boarding dia udah capek naik turun perosotan di taman bermain duluan. So agak tired ketika di plane hihi

image

salam kreasi DSY

Today Im gratefull

Bersyukur akan membuat hidup kita jadi ringan seberat apapun masalahnya.

Hari ini saya bersyukur bawah saya

1. Masih diberika  kesempatan menikmati hidup.

2. Suami sehat dan lancar rejekinya.

3. CK perkembangannya baik sekali,hari ini diusianya yang 2 tahun 6 bulan, sudah bisa menyanyi sendiri 2 lagu yaitu cicak di dinding dan pelangi. Walaupun masih cadel dan melodinya kemana2. Hehe

4. CK sudah hafal banyak sekali lagu. Lebih dari 10 lagu anak.  Sejak usia 1 tahun dan bisa wawewo merespon dengan celotehan anak kecil, dia mulai menghafal lagu2 yg sering saya nyanyikan buat dia.

Intinya  saya bersyukur atas semua yang Tuhan beri untuk saya.

Siap mengawali 2016 dengan semangat yang positif ^^

salam kreasi DSY

Happy New Year 2016

Hi readers
Lama sekali saya ga nulis blog ya. I admitted memang rasanya sekarang menulis sudah tidak semenarik dulu apalagi karena saya punya kesibukan baru dan mulai bekerja lagi. But i do admitted too that sometime i miss to write again.

Anyway saya mau ngucapin happy new year , selamat tahun baru buat readers semua.

Semoga di tahun 2016 ini menjadi lebih baik semuanya.

Kalau merefleksi diri di tahun 2015, saya merasa im not good enough to be a good mom.
So di tahun 2016 ini harapan saya,semoga saya bisa menjadi ibu yang jauh lebih sabar lagi dan mempunyai banyak waktu buat bocah kecil tersayang ini.

Well, sekali lagi happy new year guys ! ^^

Perempuan Wajib Tahu

DARI MATA PEMERKOSA

Via Nina Suzan Thomas, via Ikhaputri Widiantini (Dosen Filsafat FBI UI)
Terjemahan bebas/Adaptasi Nosa Normanda (Sastra Inggris 2004, Lecture of Stage & Performance in BINUS University)

Sekelompok pemerkosa dan pelaku perkosaan kencan diwawancara di penjara tentang bagaimana mengincar korbannya. Ini adalah terjemahan bebas dari artikel yang disebar di Internet dengan bahasa inggris dari sumber anonim. Saya terjemahkan dengan bahasa informal biar asik dan sesuai konteks Indonesia–juga saya tambah-tambahkan beberapa poin supaya aktual dengan keadaan Indonesia.

1] Yang pertama kali dilihat pada calon korban perkosaan adalah gaya rambutnya. Mereka akan mengincar perempuan dengan buntut kuda, konde, bridal, atau gaya rambut lain yang mudah dijambak. Mereka juga senang mengincar perempuan berambut panjang. Perempuan dengan rambut pendek dan berjilbab jarang diincar.

2] Setelah itu pria-pria itu akan melihat pakaian si perempuan. Mereka mencari pakaian yang mudah ditanggalkan dengan cepat. Banyak juga dari mereka yang membawa gunting untuk memotong pakaian. 

3] Mereka juga mencari perempuan yang sedang memakai telepon genggam, sedang merogoh tas, atau melakukan aktivitas lain sambil berjalan; karena biasanya perempuan-perempuan tersebut tidak waspada dan mudah dikuasai.

4] Di Indonesia, tempat yang paling sering terjadi penculikan dan berakhir dengan perkosaan adalah pada transportasi publik (angkot, taksi, ojek). Di India kasus yang paling terkenal di dalam bus.

5] Selain itu ada juga kencan-perkosa. Biasanya terjadi di kos-kosan, rumah, diskotik, atau mobil si pemerkosa.

6] Dalam tulisan asli artikel ini, di negara maju penculikan seringkali terjadi di lapangan parkir swalayan, parkiran kantor atau toilet umum.

7] Para pemerkosa akan mengambil seorang perempuan dan dengan cepat membawanya ke lokasi lain dimana mereka tidak perlu khawatir akan tertangkap.

8] Kalau kamu melawan, mereka akan jadi cupu karena cuma butuh satu atau dua menit sampai mereka sadar kalau berusaha memperkosamu itu buang-buang waktu. Tapi dalam beberapa kasus, perlawanan yang setengah-setengah bisa membuat pemerkosa semakin terangsang, maka itu usahakan lawan dengan efektif dan efisien (nanti dijelaskan di bawah).

9] Para pemerkosa yang diwawancara bilang mereka tidak mau mengincar perempuan yang membawa payung panjang atau objek semacamnya yang bisa menyerang balik dari jarak sedang. Pakai objek apapun untuk menyerang balik!

10] Kunci-kunci atau stun-gun nggak terlalu ngaruh untuk ngelawan, soalnya kamu harus deket banget ke si penyerang buat make itu. Intinya artikel ini adalah gimana meyakinkan mereka buat ilfil nyerang kamu pas pertama kali ngeliat kamu.

MENCEGAH & MELAWAN DENGAN EFEKTIF:

1] Kalau kamu ngerasa ada orang yang ngikutin kamu di jalan, di tempat parkir, di lift, JANGAN TAKUT DAN BUANG MUKA. Kamu justru mesti berhenti dan lihat mukanya, buka percakapan kayak, “Om, jam berapa ya sekarang?”, atau kamu bisa bikin percakapan pendek seperti, “Duh, panas banget nih. Biasanya kalo kayak lgini mau ujan kali ya, om?” Intinya sih pastikan dia tahu kamu ngeliat mukanya jelas, dan bisa kamu kenali kalo dia kabur setelah gagal. INGAT MUKANYA! Biasanya juga cowok akan hancur imajinasinya kalau sudah komunikasi, karena pemerkosa bertumpu pada imaji seakan-akan perempuan itu bukan orang tapi binatang buruan. Tatap wajahnya, bicara padanya. Bunuh imajinasi itu dari kepalanya. Bisa jadi juga kamu salah, dan om itu cuma kebetulan ke arah yang sama dari kamu. Tapi nggak ada ruginya toh? Mending sok akrab daripada diserang tiba-tiba.

2] Kalau ada yang nyamperin kamu tiba-tiba, langsung pasang kuda-kuda dengan tangan dan teriak, “Stop!” atau “Mau apa lo!?” Kebanyakan pemerkosa bialng mereka akan cabut kalo si cewek teriak-teriak duluan atau menunjukkan bisa berantem. Lagi-lagi, mereka cari sasaran yang gampang.

3] Kalo kamu bawa semprotan merica (pelatih mbak yang nulis thread asli selalu bawa itu), kamu bisa teriak, “Gue semprot lo! Perih lho ini…” Dia akan mikir dua kali. Masih maju, semprot!

4] Kalo ada yang narik kamu, terus kamu nggak bisa serang balik, kamu bisa main akal aja. Kalo dia ngunci pinggang kamu dari belakang dengan dua tangannya, cubit yang keras di bawah tangannya, atau di bawah sikutnya atau di bawah keteknya atau di pahanya–YANG KERASSS!  Ada cewek yang nyubit cowok yang mau merkosa dia waktu kencan, dan cowok itu kesakitan bener gara-gara dicubit sampe berdarah. Ototnya robek dan butuh dijahit. Buat latihan, coba cubit diri sendiri di tempat-tempat tersebut sekuat kamu, pasti sakit.

5] Setelah dicubit dan dia lepaskan, usahakan jangan langsung lari. Incar selangkangannya. Aku tahu banget dari pengalaman pribadi, kalo cowok dipukul ‘itunya’ dia bakal kesakitan gila. Kamu mungkin takut dia tambah marah dan nyakitin kamu, tapi sebenernya kata para pemerkosa ini, mereka maunya cewek yang nggak ngasih masalah. Kasih masalahnya di’situ’ dan lari aja dia akan susah.

6] Kalo tuh cowok mau nyekek kamu, ambil satu-dua jarinya aja, terus dorong ke depan sejauh mungkin sekuat mungkin. Instruktur aku melintir sedikit jariku dan aku langsung jatuh berlutut dan buku-buku jariku sampe bunyi krak.

7] Buka kuping. Selalu awas dengan keadaan sekeliling kamu, kalo bisa usahakan selalu jalan sama temen dan kalo ada hal mencurigakan jangan kamu cuekin. Percaya sama insting kamu. Mungkin kadang-kadang kamu ngerasa kayak orang parno, tapi itu lebih baik daripada kena beneran.

TIPS TERAKHIR INGAT YANG INI….

1. Tip dari Tae Kwon Do: Sikut adalah bagian terkeras di badan kamu. Kalo cukup deket untuk nyikut, sikat!

2. Tip dari pemandu wisata di New Orleans: Kalo ada rampok minta dompet atau tas kamu, JANGAN LANGSUNG DIKASIH. Lempar agak jauh (pura-pura bego aja)…kemungkinannya dia lebih tertarik sama dompetmu daripada bodimu tetep ada. Abis itu LARI KAYAK MALING KE ARAH SEBALIKNYA.

3. Kalau si pemangsa ini punya pistol tapi moncong pistolnya agak jauh dari kamu, langsung KABUR! Kemungkinan dia tepat nembak kamu (target yang lari) itu 4 berhasil: 100 gagal kok. Dan kalopun pelurunya dia ngena, kemungkinan besar nggak kena organ vital kamu. KABUR!

4. Sebagai perempuan, kita gampang kasihan: JANGAN! Kasihan bisa bikin kita diperkosa atau dibunuh. Ted Bundy, pembunuh berantai itu, ganteng, lulusan kampus keren di Amrik, dan selalu mainin simpati perempuan yang polos. Dia kadang-kadang pura-pura cacat, pake tongkat minta tolong dipegangin sampe mobilnya, terus tiba-tiba nyulik!

5. Kalo kamu dilempar ke bagasi mobil dan dikunciin. Tendang lampu belakangnya sampe bolong keluarin tangan kamu dan lambaikan. Supirnya nggak ngeliat kamu, tapi pengendara lain akan lihat. Ini beneran pernah nyelametin nyawa orang di Amrik.

6. Peremppuan bisanya masuk mobil abis belanja, makan, kerja, dan duduk di dalem mobil (ngeliat hp, bales sms). JANGAN YA! Pemerkosa bisa memperhatikan kamu, dan ini kesempatan bagus buat dia buat masuk ke kursi belakang, terus nodong kamu pake pistol dan nyuruh kamu nyetir kemana pun dia mau. BEGITU PINTU MOBIL KAMU TUTUP, TANCAP GAS!

7. Beberapa catatan kalo kamu bawa mobil di tempat parkir, atau garasi:
a. Waspada: lihat sekliling mobilmu, karena ada aja orang yang ngumpet di kursi belakang, ngintip ke mobil, ngumpet di balik sisi lain mobil. (LAKUKAN HAL YANG SAMA SEBELUM NAIK TAKSI, JANGAN ADA YANG TIBA2 MASUK TAKSI DAN KONGKALIKONG SAMA SUPIRNYA).

b. Kalo ada mobil van parkir deket pintu supir mobilmu, kamu masuk dari kursi penumpang aja. Kebanyakan pembunuh berantai narik korbannya dan langsung masukin ke van pas dia mau masuk mobil.

c. Lihat mobil yang parkir sebelahmu, ada orangnya nggak. Kalo kamu lihat ada orangnya dan dia nggak pindah-pindah, atau kelihatan mencurigakan, mending balik ke kantor/mal dan minta temenin satpam ke mobil kamu. Lagi-lagi, mendingan selamat daripada nyesel, dan mendingan parno daripada mati.

8. SELALU naik lift daripada tangga darurat. Tangga darurat tempat yang nggak bagus banget buat sendiri dan tangga biasanya jadi tempat kejahatan.

Sebarkan ini ke semua perempuan yang kamu tahu dan butuh diingatkan kalau Tuhan juga menciptakan banyak orang gila di dunia ini. Mendingan selamat daripada nyesel, mendingan parno daripada mati.

Kalau kamu punya rasa kemanusiaan, reblog post ini
‘Tangan yang menolong lebih baik dari mulut yang berdoa’ — berikan tanganmu.

REBLOG INI DAN BIARKAN SEMUA PEREMPUAN TAHU APA YANG TERJADI DI DUNIA

Frozen cheese cake yang gagal

Kue favorit saya lately adalah cheese cake. Paling sering beli  cheese cake di breadtalk.

Cuma yang nama dessy itu males bingit kalau keluar rumah starter mobil gas cuma buat ke mall beli cheese cake.

Alhasil one day nemu resep cheese cake super duper gampang di instagram. Bedanya ini frozeb alias ga dipanggang dan ga diuleni ribet macam bikin kue pada umumnya.

Ikutlah ini resep di dapur, selesai masukin freezer.
Hasilnya begini

image

Rasanya? KEBANYAKAN KEJU 

Well buat saya ini adalah produk gagal. Karena gak lezat hahahaahaha

Dan karena ini frozen jadi lah teksturnya kaya es dong ya. Ga nikmat banget deh.
Duh nampaknya kegiatan nge gas ke mall beli cheese cake belum bisa di gantikan dirumah.

*ini cerita bikin kueku, mana ceritamu?

The website has been gone

Mau kasih pengumuman kalau website project saya oemahkreasi.com is no longer eksis.

Karena…saya usah ga sempat maintenance lagi. Sekarang udah sibuk mengajar dan sekalinya gak ngajar quality time sama anak.

Entah kapan akan muncul website baru dan dalam bentuk seperti apa. Saya pikir dulu

Ciao

Hidup kita Dia yang punya

Saya tau betul bagaimana rasanya kehilangan keluarga di kecelakaan pesawat. Some of my family juga meninggal dengan cara yang sama pada saat kecelakaan pesawat Adam Air beberapa tahun lalu. Dan jenazahnya tidak bisa ditemukan, jadi batu nisan mereka di pemakaman keluarga berupa monuman prasasti berisi tulisan nama sekeluarga dan cerita tragedi pesawat adam air.

Air Asia pun mengalami nasib yang serupa, memang kematian kita tidak tahu kapan datangnya. Duduk di sofa saja kalau Tuhan berkehendak kita bisa langsung tidak bernafas. Tapi bagaimanapun ada pelajaran yang bisa kita petik dari dua kecelakaan pesawat ini
Seberapapun menggodanya keinginan untuk melakukan/merayakan sesuatu yang mengharuskan kita bepergian ke suatu tempat dengan pesawat (kecuali urusan hidup & mati), sebisa mungkin hindari bepergian dengan pesawat di saat traffic keramaian sedang meningkat tajam maupun waktu/bulan dengan kondisi cuaca yang cenderung banyak buruknya daripada baiknya.

reason 1 (keramaian) : as we know adam air dan air asia sama-sama naas di saat hampir akhir tahun. Dimana memang sedang musim liburan sehingga kemanapun kita pergi akan sangat ramai. Semua pelayanan publik akan sangat ramai, hectic dan kemungkinan terjadinya human eror akan sangat tinggi.
Pegawai pelayanan public yang mendambakan akhir tahun liburan bersama keluarga tapi harus melayani kebutuhan umum, arus manusia yang sangat ramai sehingga banyak jenis gaya manusia yang bisa dilihat&dilayani sehingga jika kelelahan mengganggu konsentrasi. Hey, ini bulan desember. Bulan liburan. Dimana-mana akan sangat ramai, jangankan transportasi umum seperti kereta/pesawat/kapal laut. Lha supermaket aja ramainya ampun deh. Bahkan ga jarang ada ibu2 yang ngomel karena pelayanan kasir lelet. Apalagi pegawai pelayanan transportasi umum yang ngurusi manusia sama rute perjalanan.

Reason 2 (cuaca) :
Cuaca buruk. Desember menjadi bulan yang sangat menarik karena hawanya udah liburan aja. Di seluruh belahan dunia kalau udah masuk bulan desember pasti deh banyak yang membicarakan liburan, merayakan akhir tahun, natal dll. Tapi jangan lupa dengan cuaca.
Di Indonesia hujan terus menerus. Didalam rumah aja kadang pake jaket ama kaos kaki saking dinginnya. Di negara 4 musim, salju tebal amit2 sampai keluar rumah harus full kostum sepatu boot, syal, jaket tebel, topi. Cuaca dingin biasanya disertai angin kencang. Didaratan angin kencang bisa bikin roboh pohon. Bayangkan angin dilaut atau di udara dengan ketinggian lebih dari 30.000 kaki.
Resiko kecelakaan dengan kondisi cuaca seperti ini akan lebih tinggi.

Saya menulis ini, untuk membuka mata kita semua agar bisa bepergian dan memilih waktu bepergian dengan bijaksana. Apalagi jika kita pergi meninggalkan belahan jiwa atau orang yang kita sayangi maupun pergi hanya untuk kesenangan pribadi semata karena mumpung banyak perayaan, banyak tawaran menarik dari vendor travel dan tiket promo. Selalu cek resikonya. Jika terlalu tinggi lebih baik tidak usah. Jika memang harus, berdoa dan berpasrahlah pada Tuhan agar selalu melindungi kita.

Walaupun akhirnya kembali lagi kepada kehendak Tuhan. Jika Tuhan sudah berkehendak, apapun bisa terjadi atas diri kita. Apapun penyebab terjadinya kecelakaan reason 1 or reason 2, sangat sangat sedih memang. Kita akan selalu ingat mereka dengan tragedi ini. Tapi bukan berarti kita yang masih hidup lantas saling menyalahkan sana sini dan ga bisa legowo.

However tragedi kecelakaan pesawat ini entah karena human eror, iklim, sengaja maupun tidak sengaja, adalah sebuah musibah/bencana.

Yang punya kuasa adalah pemilik hidup kita. Orang mati bisa bangkit, orang hidup sehat bisa mati kalau Dia berkehendak. Life must go on.

Berjaga-jaga , berpasrahlah dan bertindaklah secara rasional, logis dan bijaksana. Karena kadang perasaan membawa kita kepada kebahagiaan semu/nasib jelek.

Saya berdoa semoga keluarga yang ditinggalkan bisa move on dan jenazah ditemukan semua sehingga bisa dikuburkan dengan layak. Dan penyebab kecelakaan bisa diketahui sehingga tidak mengganjal di hati & pikiran serta menjadi perbaikan untuk kita semua.

always be Save and Pray