Ramayana Ballet

Melihat pertunjukan perdana sendratari “Ramayana” berarti menyaksikan kelahiran suatu babak baru dalam sejarah senitari kita, yang merupakan impian dari segala keindahan, demikianlah kesan dari pertunjukan ini akan berbekas dalam kenanganku untuk selama-lamanya sebagai sesuatu yang indah dan menakjubkan salah satu puncak kebahagiaan dalam hidupnya tiap tiap pecinta seni.
—Andjar Asmara

Kemarin saya dapat kesempatan menyaksikan Ramayana Ballet show di Open Stage candi Prambanan. Kebetulan di bulan-bulan ini pas diadakan di outdoor, dengan latar belakang Candi Prambanan yang diterangi oleh bulan purnama. Kombinasi panggung amphiteater,lighting, koreografi dan tarian yang indah membuat suasananya menjadi magical,mistik dan keren banget.

Ramayana Ballet adalah pertunjukan wayang orang tanpa dialog,hanya ada tarian yang mengutamakan ekspresi wajah&tubuh supaya greget, iringan gending jawa,narasi di layar lcd dan visualisasi panggung yang terkemas secara apik.

Udah pada tau kan the famous story of ramayana dimana ada lakon si hanoman yang akhirnya terkenal dengan episode  “hanoman obong”.

Ramayana adalah sebuah cerita epik bertema cinta yang berasal dari India seperti mahabarata. Cerita ini diserap oleh masyarakat Nusantara ketika pengaruh Hindu dan Budha berakulturasi dan diceritakan ulang melalui media perwayangan.  Kata “Ramayana” dalam bahasa Sansekerta berarti “Perjalanan/ Petualangan Rama”.

Kisah klasik ini dimulai dari scene sayembara oleh prabu janaka yaitu pencarian jodoh dewi sita,yang dimenangkan oleh rama.
Rama,sita dan Laksmana, adik rama yang sedang dalam perjalanan pulang ke kerajaannya,diganggu oleh kijang emas cantik jelmaan utusan rahwana,raksasa yang naksir sita dan tidak terima kalah saing ama rama. Ketika rama&laksmana memburu si kijang atas permintaan sita,sita diamankan di sebuah lingkaran perlindungan, awalnya aman namun akhirnya setelah menjelma menjadi kakek2 renta rahwana berhasil menculik sita dan dibawa ke kerajaannya.

Disaat perjalanan galau mencari sita yang hilang (jatayu burung garuda sakti teman prabu janaka yang memberitahu rama kalau sita diculik rawana) rama bertemu dengan hanoman (si kera sakti nya Indonesia) dan terlibat kesepakatan bisnis menyelesaikan konflik subali&sugriwa yang ujung2nya masih rebutan permaisuri juga di kerajaan monyet (apa coba bahasanya 😂) sampai akhirnya hanoman membalas budi dengan membantu rama menyelamatkan&mencari sita yang diculik.

Adegan paling seru waktu hanoman menyerbu kerajaan alengka,tertangkap lalu dibakar oleh prajurit namun berhasil melarikan diri dan malah membakar seluruh kerajaan. Penari yang melakonkan hanoman,menarikan Fire dancing & membakar properti dengan mulusnya padahal waktu itu hujan dan lantai panggung basah kuyup licin termasuk kostum para penarinya (Yes,We called it proffesional).

Setelah kerajaan berhasil terbakar, dan rahwana dibunuh oleh hanoman *noted: di versi cerita yang ini, rahwana dibunuh hanoman ketika sekarat dan berusaha melarikan diri dari rama*,lalu sita berhasil selamat. Masih ada konflik lagi yaitu rama yang meragukan kesucian sita setelah diculik,sampai akhirnya sita membuktikan diri dengan cara membakar diri. As usual ketika sita tidak terbakar,dan rama menyusul sita ke kobaran api sebagai penutup cerita romantis,rame deh pada baper semua penonton. *di versi modifikasi ini ceritanya happy ending 😄*

Kombinasi tata panggung dengan lampu beribu2 watt,latar 3 candi di prambanan, sinar terang bulan purnama,penari&team teknis yang profesional *basah kuyup jalan teruuss*,adegan bakar-bakaran api,adegan panah memanah ala legolas *panahnya beneran lho*,koreografi yang apik *penarinya muncul dari mana-mana diantara penonton,ga melulu dari tengah panggung* membuat saya yang belum pernah nonton sendratari dengan taraf internasional ini benar-benar terpukau. It was so ….magical 😄

Pertunjukan ini berlangsung sekitar 2 jam. Sungguh sebuah pertunjukan yang cantik,spektakuler dan tidak tertandingi. Tidak heran kalau prambanan&borobudur masih menjadi primadona wisata dengan kombinasi kisah ramayana balletnya dan candi-candi yang gagah.
Someday saya pasti akan kesini lagi untuk nonton lagi (tentunya dengan misi membawa kamera profesional dan duduk di posisi yang strategis hahaha).

Salut buat para penari Indonesia yang masih setia mempertahankan budaya.

PS:
-sayangnya foto cuma diambil pakai kamera SGnote 4,bukan kamera profesional 😂😄 *duh i try my best with this 16MP ya

– berhubung ternyata bocah enjoy dan suka liat sendratari,it’s worth it lah bawa dia kesini daripada nonton finding dory 😄

– cerita ramayana ballet ini merupakan cerita modifikasi dari versi aslinya yang kalau ditarikan komplit bisa berjam-jam. Yang ingin tau cerita aslinya searching saja Kisah Ramayana.

image

CK 3YO udah ngerti dan bisa menikmati sendratari, buat saya ini adalah sebuah milestone.

visit&like my FB Page : DSY
Thank You ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s