Mengajari anak berenang

Menurut saya, manusia normal (tidak cacat) itu harus bisa berenang. Bisa berenang adalah salah satu cara untuk bertahan hidup (kalau banjir atau tenggelam) maupun cara untuk bersenang-senang (bayangkan anda tidak pernah ke danau atau ke pantai karena takut air atau tidak bisa berenang).

Oleh sebab itu CK harus bisa berenang. Dia mulai saya ajak nyemplung ke air ketika usia 4 bulan , selanjutnya usia 1 tahun dan mulai rutin ketika usia 2 tahun.
Yang ngajari renang siapa? Ya saya lah. Gak perlu repot-repot pake guru les. Kecuali mau jadi atlit renang. Tapi kalau hanya untuk bisa berenang, saya dan suami bisa memfasilitasinya.
Modal kami hanya menjadi membership di sebuah tempat berenang supaya bisa sepuasnya berenang kapan saja *gak perlu bikin kolam renang sendiri kan dirumah.

Kenapa mulai 2 tahun sudah rutin berenang?

1. Semua anak loves water termasuk CK. Dimanapun kapapun kalau diajak main air. Ya ayookk. Mumpung kan, daripada main-main ga jelas, diajarin renang aja sekalian.

2. Curi start. Harapannya sih, ntar kalau dah masuk TK. Udah bisa berenang. Karena pasti kan pelajaran renangnya kalau di TK. Kl udah bisa, waktu belajar berenangnya bisa dipakai untuk belajar hal lainnya.

Apakah CK sudah bisa berenang saat ini?
Beloooom sodara-sodara…. she is 2Y1M. Baru aja mulai rutin berenang. Seminggu sekali. Baru bisa kepak-kepakin kaki aja. Semoga tahun depan udah lancar ya nak *Amin*.

Tips mengajari anak berenang :

1. Kenalkan bahwa air itu menyenangkan tapi bisa berbahaya. Sehingga kita harus bisa berenang dan ga boleh sembarangan masuk kolam.

2. Ajari anak untuk masuk ke kolam dari pijakan kolam. Atau tempat yang dangkal. Jangan langsung nyebur ke tempat dalam.

3. Biarkan anak eksplorasi area nya. Tidak udah ditarget setiap kali sesi harus bisa ini itu. Mengalir aja.

4. Selalu pakai pelampung *kecuali udah pintar renang*. Jangan menggendong anak seliweran kesanq kemari di kolam. Biarkan anak merasakan bahwa pelampung membuatnya mengapung naik turun. Sehingga kakinya terlatih untuk menjejak.

5. Kalau anda ga bisa berenang, tapi pengen anak bisa renang. Minta tolong sodara atau pelatih renang untuk mengajari. Jangan lupa memberi imbalan *hehe

Thats it….selamat berenang anak-anak hebat Indonesia

image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s