Konselor Laktasi

Akhirnya Tuhan mendukung keinginan saya menjadi Konselor Laktasi.
Waktu Kina masih masa asiX, saya sempat galau gundah gulana dengan langkah saya selanjutnya.    
Apakah saya akan menjadi dosen lg?
Melanjutkan sertifikasi ABRSM?
Atau mencoba bidang baru dengan menjadi Konselor Laktasi?    

berhubung untuk ujian ABRSM dibutuhkan waktu dan tenaga yang banyak untuk latihan dan mencari mentor, maka keinginan ini saya tunda dulu sampai Kina disapih.
Sampailah saya pada dua Goal di tahun 2014 ini, bekerja kembali tentunya dengan perjanjian kerja yang masih memungkinkan saya mengawasi Kina DAN mengikuti pelatihan konseling menyusui yang diadakan oleh sentra laktasi Indonesia di jakarta.

Dua hal ini, akan saya lakukan setelah Kina berusia 1 tahun. Which is mean, kina sudah lebih besar untuk bisa bereaksi cerdas terhadap lingkungan sekitarnya jika seandainya saya titipkan ke pengasuh sementara saya berkegiatan.

Menjadi Konselor Laktasi,sudah saya inginkan dan rencanakan secara matang sejak Kina dalam masa ASIx.
Alasannya sederhana, sejak saya mengikuti Kelas Edukasi AIMI, dan menerapkan ASI dan MPASI rumahan pada tumbuh kembang dan gaya parenting saya ke Kina, saya sudah membuktikan  sendiri kehebatan ASI.
Selain itu, saya jadi lebih sering mengEdukasi keluarga dan teman dengan pengetahuan tentang ASI (maklum ex.dosen, gatel kalau ga ngajarin orang hahaha). Nah karena sering mengEdukasi itulah saya Ingin memantabkan diri sebagai sumber informasi ASI terpercaya dan berlisensi.
Jadilah dengan segala rejeki dan sponsorship serta restu dari orang tua,saya bertekad ikut PKM (Pelatihan Konseling Menyusui).

Saat itu, lembaga yang saya ketahui sering mengadakan PKM hanya di sentra laktasi Indonesia. Jadi rencana awal, niatnya ke SLI untuk ikut PKM dan mumpung pak Suami juga di jakarta. Walaupun resikonya akan menelan biaya yang sangat besar karena boyongan (saya bawa Kina dan uti kakung solo u/ ngasuh).      
Tapi….                         
  
Semesta menjawab kegalauan saya…AIMI Jogja mengadakan PKM di jogja tentunya di bulan agustus lalu. Harapan itu semakin besar, karena lokasinya mendekat. So…biaya pesawat PP Solo-Jkt u/ 4 orang bisa dipangkas. Dan tentunya dengan segala macam biaya hidup 6 hari yang jauh lebih murah daripada di jakarta (walaupun biaya PKMnya sama aja mahilnya sih hehe).

Bumi mendengar, Semesta menjawab,Waktu masih membisu…
As i wrote, saya punya dua goal setelah Kina usia 1 tahun. Kembali ndosen dan jadi KL.
Semuanya saya mulai bersamaan tinggal mana aja yang duluan.
Pada saat yang sama, kebetulan saya juga sedang mengikuti seleksi ndosen di salah 1 Universitas di kota jogja.

Artinya…jika saya diterima maka PKM harus ditunda dulu sampai waktu yang entah kapan. Karena PKM memerlukan waktu full 8 jam selama 5 hari kerja.
Ditengah penantian mana yang duluan akhirnya waktu menjawabnya…
Universitas atau tepatnya fakultas Yang saya tuju,tidak menerima dosen sama sekali (soalnya saya cross check ke sesama pelamar 1 fakultas ga ada yang diterima *tepok jidat* maksudnye apeee buka lowongan).
Jadilah saya mantab mendaftar PKM di bulan agustus itu.      

PKM dimulai hari senin, kami cek in di hotel hari minggu. Begitu masuk kamar hotel , cepluk turun dari gendongan, My Kina jalan sendiri!!! *sebelumnya masih dititah*. Astaga nak, jalan aja koq ya nunggu emaknya ikut PKM. Hahaha *Thanks God*.
Dan…
Selama 5 hari, saya beserta dengan 12 peserta PKM lain dimunisasi dengan berbagai macam ilmu dunia laktasi. Masuk jam 7.30 pulang jam 17.00 plus pakai PeEr pula.
Hari kedua sudah mulai praktik klinik ketemu klien di RS.Bethesda jogja.

Dengan berbagai macam keseruan yang ada PLUS masih harus menyusui Kina. Akhirnya di hari kelima luluslah saya menjadi seorang Konselor Laktasi.

Mau mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk my parents (Uti kakung solonya Kina) yang sudah mau mengasuh Kina ketika saya PKM.
Untuk suami yang mendukung saya ikut pelatihan ini, jarang balas BBM karena pulang PKM selalu lelah sekali.
Untuk AIMI jogja di bawah pimpinan BunCis.
Untuk fasilitatorku Mba Ika dari AIMI Jateng.
Untuk para pengajar Dr.Astri,Dr.Ponti
Untuk teman-teman PKM dan kru AIMI Jogja.

                                                 
You guys Rock !
Semoga Tuhan Memberkati kita semua

Salam inspirASI 🙂

image

Posted in ASI

Leave a comment