Kina 10 mo

Bisa dibilang periode paling hectic sejak bayi adalah bulan ini.

Kina sakit flu & batuk karena kelamaan melantai. Untungnya anak ASI jadi ga sampai parah.
Beberapa kasus alergi.
Badan mengurus karena susah banget makan.
Ngulernya minta ampun suka banting-banting diri seenaknya.

MPASI barunya so far sama sekali ga creative….dan cenderung menyedihkan untuk pejuang ASI seperti saya.

Biasanya dalam situasi kondisi seburuk apapun hati,pikiran dan perasaan saya,saya selalu memperjuangkan Kina dapat yang terbaik yaitu ASI. Tapi kalau soal makanan, berhubung sekarang rumusnya sudah 70% ASI dan 30% MPASI. Saya harus melonggarkan rules soal MPASI supaya Kina mau makan lagi. BBnya turun jadi 8,2Kg.

Selama ini kalau dikasih nasi tim suka nolak, tapi kalau gasol doyannya ampun deh.
Akhirnya demi menaikkan BBnya saya merelakan diri kembali ke gasol lagi.
Saya mulai dengan gasol beraa coklat kesukaannya. Lalu lama kelamaan saya mulai campurkan irisan cincangan halus sayuran dan daun bawang/bawang putih.
Tapi pas dimasukkan sayuran koq malah susah makan lagi. Akhirnya saya kembalikan ke gasol polosan deh dan diselingi pisang/pepaya.

Pas saya jalan-jalan ke sebuah toko bayi, kebetulan nemu Gasol jagung dan gasol five grains. Langsung saya ambil seketika itu juga demi variasi MPASInya Kina.
Gasol jagung ga sewangi kalau saya masak jagung sendiri. Tapi berhubung si eyang uti suka marah-marah kalau saya beri Kina jagung diblender tapi kulitnya masih ada beberapa yang ga bisa halus,jadi saya ganti gasol jagung.

Itu baru gasol , yang lebih merelakan diri lagi….saya terpaksa belikan Kina biskuit bayi. Supaya dia mau makan lagi. Kenalanlah dengan Gula di usia 10bulan ini. Hiks….

Biskuit bayi pertama yang saya beli adalah farley’s original dimana komposisinya susu bubuk,gula,minyak ikan. Entah yang mana, makan 3 keping tok dalam jangka waktu 2 hari,langsung alergi. *tepok jidat*….
Karena curiga susunya yang bikin alergi, digantilah rasa biskuitnya dengan rasa apel dibelikan papanya Kina. Masih ada minyak ikannya besok baru mau saya coba testing.

Pas jalan-jalan ke toko bayi juga, sama nemu biskuitnya Gerber graduate puff. Macam-macam varian rasanya dan sebotol *tempatnya berbentuk botol* harganya amit2 banget Rp.60.000. Rasanya pengen beli oven terus bikin biskuit sendiri aja dehhhh.
Saya pilih yang raaa sweet potato dengan kandungan gula 1 gram.

Untuk biskuit kalau emang ga alergi farley dan gerber puffnya, saya akan batasi1-2x seminggu aja. Tapi kalau BBnya sudah naik lagi,saya akan hentikan sementara sampai Kina 1 tahun.

Sedangkan untuk mendongrak nafsu makannya,saya ngikuti saran DSA yaitu harus teratur terjadwal dengan jam menyusui dan bayi harus lapar.
Jadi misalnya nyusu jam 7, maka Kina akan makan jam 9. Dengan syarat antara jam 7-9 ga ada nyusu lagi. Abis makan baru boleh nyusu. Dan metode inipun berhasil,Kina makan lahap. Semoga BBnya naik lagi.

Ah yaaa apalagi ya?
Kina sudah lari merangkaknya hahah
Sudah belajar berdiri ,rambatan
Kosakatanya tambah banyak,kalau lihat orang bawa makanan dia langsung bilang Nyam-Nyam🙂
Motorik halus menjumput dengan telunjuk & ibu jarinya juga sudah lancar.
Memencet tuts keyboard dengan jari satu persatu juga OK.

Mommy loves you nduk😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s