Frozen food MPASI – menyimpan makanan bayi

Hola readers…saya mau cerita pengalaman saya menyiapkan MPASI yang ditaruh di kulkas.

Menyimpan makanan bayi ini hemat waktu, hemat tenaga. FYI, saya tidak membolehkan asisten rumah tangga untuk memasak MPASI kina karena faktor kebersihan dan ART saya sudah kebanyakan pekerjaan dirumah, sehingga untuk MPASI Kina memang saya usahakan selalu saya masak sendiri.

Nah masalahnya, memasak makanan bayi ini butuh wAktu sodara-sodara, mulai dari mengupas, memasak, menyiapkan sampai mencuci alat dan piring-piring, alhasil saya jadi sering capek sendiri dan tidak ada tenaga untuk main sama Kina, padahal Kina sekarang ini ga bisa ditinggal dan maunya bermain terus.

Terinspirasi dari website ayahbunda, saya mencoba metode menyimpan makanan bayi di kulkas.

Alatnya cuma Baby Cubes aja. Jadi saya coba di pagi hari setelah makanan masak dan diblender, saya masukkan sebagian untuk sore hari ke baby cubes dan disimpan di kulkas. Nah karena saya bekerja dari rumah, maka pengennya masak puree sehari sekali di pagi hari dan tidak perlu membekukan makanan untuk seminggu. Jadi saya hanya membuat porsi untuk makan Kina seharian tiap harinya untuk disimpan di kulkas.

Setelah MPASI matang saya siapkan untuk dimakan langsung saat itu juga buat Kina dan sebagian saya sisihkan masuk ke baby cubes lalu diletakkan di chiller/kulkas bagian bawah saja, kan cuma dipakai untuk sehari.
Karena jika diletakkan di freezer, maka makanan beku akan membutuhkan waktu lama untuk dicairkan (sekitar semalaman ditaruh di chiller baru kemudian besoknya dihangatkan untuk makan).

Percobaan pertama saya, labu dan kentang. Seperti ini.

20140127-113900 AM.jpg

Ketika mau makan siang/sore harinya, saya tinggal ambil beberapa baby cubes yang sudah saya siapkan pagi harinya, lalu saya letakkan di wadah/mangkok berisi air panas seperti menghangatkan ASIP. Baby cubes ini tahan panas / microwave safe readers. Lalu baby cubesnya saya letakkan sekitar 10 menit di wadah berisi air panas. Setelah mencapai suhu ruang / tidak dingin lagi, makanan dalam baby cubes saya tuang ke piring makan Kina. Kalau kurang cair, bisa ditambah air panas/asip sedikit tergantung jenis/bahan makanannya.

Bdw, mendinginkan makanan seperti yang saya lakukan ini tidak akan terlalu banyak membuat perubahan tekstur pada makanan. Tapi jika dibekukan di dalam freezer, hati-hati dalam meletakkan jenis makanannya. Jika readers ingin membekukan MPASI untuk digunakan seminggu, misalnya memasak hanya di hari minggu lalu dibekukan dalam freezeer kemudian 1 minggu kedepan, tinggal mengambil kubus-kubus beku MPASI, dicairkan dan dihangatkan (ga masak tiap hari), maka pakailah patokan dari website wholesomebabyfood ini.

Setelah beberapa hari memakai metode ini, saya merasa lebih mudah dalam menyiapkan MPASI dan lebih bertenaga ketika bermain dengan Kina. Tentunya lebih banyak waktu juga untuk Bisa mengurus Kina, sekaligus mengurus bisnis di rumah🙂

Healthy homemade frozen food is still better than instan food. Loves our baby.

4 thoughts on “Frozen food MPASI – menyimpan makanan bayi

  1. Bun, kalau saya bikinnya nasi tim dicampur sayur sm tempe atau tahu atau daging dan diblender setelah masak, apakah cara nyimpen dan ngangetinnya sama kaya labu atau kentang yang Bunda tulis di atas y Bun?mohon infonya..tq🙂

    • Dear bunda hanifah
      Saya biasanya bikin nasi tim setiap hari setiap pagi untuk makan hari itu juga. After matang saya pindahkan ke rantang stainless. Kalau baby mau makan,bisa dihangatkan di dalam mangkok terus masuk magic jar sebentar. Tapi baby bisa koq makan makanan dengan suhu ruang (tidak dingin kulkas ya) tanpa dihangatkan asalkan makanan tidak basi.

      Di milis mpasi rumahan saya pernah baca ada bunda yang pakai metode frozen food untuk nasi dan lauk pauknua. Tapi kalau saya mending jangan bun. Nasi beserta lauk pauk dicampur kalau sudah masuk kulkas kan rasanya beda bun. Ga enak. Walaupun kalau diangetin baby mungkin mau-mau aja sih. Tapi sebaiknya kalau sudah nasi tim (nasi campur lauk pauk),jangan frozen food bun.

      Salam

Leave a Reply

