Warmer and Sterilization

Pengen nulis soal warmer dan sterilisasi ketika melihat 2 alat warmer dan sterilisasi hasil kado waktu Kina baru lahir dulu.

Yang satu crown 4 in 1 warmer. Lalu yang satu Little Giant sterilisizer.
Ditilik dari fitur dan fungsinya, 2 alat ini udah canggih. Tapi ditilik dari penggunaan saya sehari-hari, alat ini jadi tidak terasa kecanggihannya. Karena….saya jarang pakai. Heheh

Pertama Warmer crown 4 in 1. Bisa untuk ngangetin botol susu, makanan bayi&meras jeruk. Alat ini hanya kepakai kalau Kina pas minum ASIP. Itupun bisa dihitung dengan jari dalam 6 bulan masa asi ekslusifnya. Jarang banget kepakai. Kondisi 99% muluslah. Hehehe

Lalu little giant sterilisiZer? Sama sekali ga terpakai. Alias masih baru orisinil 100%🙂

Pertama karena Kina ga minum sufor yang memang perlu disteril karena sufor tidak mengandung anti bakteri.
Jadi …saya menyeteril botol sendok ASIPnya Kina dengan merebus di air panas. Itupun ga lama-lama alias celup beberapa detik saja.

Lalu fungsi lainnya seperti merebus telur dan menghangatkan makanan, juga tidak terpakai ketika Kina MPASI saat ini. Karena saya sudah punya kompor, dandang dan tupperware steam it untuk mengukus. Dan Kina saya usahakan selaku makan makanan fresh! Alias masih hangat bukan dihangatkan.

Berbicara soal steril menyeteril, peralatan makan Kina, habis dicuci bersih saya siram dengan air panas. Lalu saya letakkan di wadah komax (sejenis lock and lock) tertutup atau saya jereng di rak botol IQ Baby hehehe. Ketika mau saya gunakan, saya siram lagi dengan air panas. Cukup deh…

Why oh why? Koq saya santai dengan proses menyeteril steril ?

Jawabannya cuma satu, KINA MINUM ASI.

ASI mengandung zat anti bakteri yang bisa melindungi bayi. Hal ini yang tidak dipunyai oleh susu formula (sufor). Sehingga anak sufor, imunitasnya jauh lebih rendah dibanding anak ASI.

Lagipula…kalau terlalu steril apa gunanya Imunisasi? Yang penting jangan jorok aja kalau urusan sama bayi. Mau Pegang bayi, cuci tangan dulu. Peralatan bayi selalu dicuci kering & dicuci dengan spons sendiri. Jangan dicampur gunakan dengan peralatan dapur lain.

Anihooo…. Kalaupun someday saya terpaksa harus menggunakan alat sterilisasi, saya naksir berat sama panasonic dish dryer&steril itu lho. Heeheheh * my wish list*

Leave a Reply

