Mommy’s & baby’s gear

Well, kali ini saya bukan mau mereview gear apa saja yang saya punya. Tapi semua gear populer yang biasa dipakai para mommy&daddy, punya ataupun tidak punya. Hahaha *bahasa apa sih ini
Bisa jadi pertimbangan readers sih, kalau kepinging banget beli barang bayi tapi masih mikir perlu banget atau engga.

Baju menyusui

。゚(゚^Ω^゚)゚。 ini wajib punya. Baju menyusui ini bentuknya bisa macam-macam, kancing depan tengah, kancing depan samping maupun retsleting depan. Daster ataupun baju atasan. Apapun yang penting gampang dan ga terlalu buka-bukaan.
Karena kebutuhan akan baju menyusui inilah saya jadi punya bisnis sendiri sekarang yaitu bisnis baju untuk ibu hamil&menyusui. *promosi*

Nursing apron
ini wajib punya bagi mommy yang sering bepergian atau menyusui di depan umum dan ga berhijab. Kalau pakai hijab kan bisa ditutupi dengan hijabnya.
Saya sering pakai apron kalau ke gereja karena di gereja Kina pasti nyusu.
Dan saya karena kepraktisan menyusui langsung *no need bottle*, nursing apronpun jadi pilihan wajib buat saya.

Breast pad
Dulu saya pakai breastpad karena baca-baca bahwa breastpad perlu. Sempat Nyoba yang disposal maupun yang busa dicuci. Saya sendiri lebih senang pakai yang disposal. Praktis. Tapi lama-lama saya ga telaten pakai breastpad alias risih kalau basah banget breastpadnya. Mending pakai yang model Milk Saver.

Cooler bag
Punya tapi ga pernah kepakai. Karena saya sekarang working home mommy, dan sekalinya keluar saya pasti usahakan bawa Kina. Cooler bag ini belum terpakai.

Pompa asi
Perlu banget. Biarpun dirumah, sometimes pasti ada saat dimana we need our me time. Dan kalau ada yang bisa jagain baby sebentar. Kita perlu banget pompa asi ini untuk merah asi. Saya punya dua tipe manual semua. Merknya lupa, yang pasti BPA Free dan ga mahal koq. Kenapa saya pilih manual? Karena sometimes saya males dengan beli-beli batere.
Dan lama-lama males juga nyuci printilan pompa. Akhirnya sekarang belajar merah pakai tangan. Praktis. Hahaha

Bouncer
Ini benda yang sempat membuat saya dilema. Beli engga beli engga. Antara beli karena impulsive buyer dengan bentuk yang lucu-lucu atau beli karena memang perlu. Dan setelah dipertimbangkan….berhubung saya sudah punya baby bather, kereta bayi dan car seat infant. Bouncer ini jadi ga penting lagi. Secara mama saya kadang suka kesel kalau Kina saya dudukkan di car seat untuk bayi. Katanya terlalu tegak&belum waktunya duduk. Bouncer kan model duduknya hampir sama dengan car seat infant.
Bye bye bouncer …
Nah untuk subtitusinya,kebetulan di ruanh keluarga ada kasur double bed di bawah. Jadi saya biasa tidurin Kina disana sekalian saya nonton tv atau mengerjakan hal lain.🙂

Kereta bayi
Need it much! Kemana-kemana saya harus bawa barang satu ini. Benar-benar penyelamat kalau kami (saya&hubby) pergi bertiga. Kina saya taruh di keretanya, hubby yang dorong. Mengurangi capek gendong secara Kina 5 bulan beratnya 7, 5kg. Hahaha
Kalau mau pakai baby carriernya, kasian Kina belum gendong dipekeh supaya jalannya ndak jelek. Sekarang sih kalau gendong, nyaman pakai kain jarik.

Baby bather
Wajib punya. Mandiin bayi tanpa benda ini, mengerikan. Bayi bisa tergelincir, jatuh, atau telinganya kemasukan air kalau kita ga pintar/biasa mandion bayi. Plus pinggang pegel. Dengan baby bather, taruh aja bayi diatasnya trus kita bilas sesudah sabunan, beres deh, bayi juga ga merasa deg-degan mau jatoh. Kita juga lebih mudah memandikan.

Steriliziser
Saya punya dikasih hadiah. Dan belum terpakai. Mungkin kalau sudah mulai MPASI baru terpakai.

Car seat
Penting ga penting, tergantung kebutuhan. Punya saya cuma bisa dihitung dengan jari tingkat pemakaiannya.

Big bag
Fungsinya seperti organizer bag, Big bag ini isinya barang-barang Kina dan saya (dompet, tablet, smartphone, tissue). Dibagi menjadi 2 tas kecil simple. Lalu dimasukkan semuanya ke big bagnya. Big bag ini bukan koper ya. Tapi tas wanita ukuran besar.

play mat / baby gym
Play mat, kalau mau hambur-hambur uang lebih sih bisa aja beli. Tapi kalau bayi sudah mulai merangkak ga akan terpakai, karena bayi akan lebih suka mengeksplorasi rumah ketimbang main di play matnya. Kina saya belikan playgym saja. Dan sekarang ga kepakai lagi, mungkin ntar kalau dia dah ngerti mainan kali ya.

Baby bed playyard
Nah ini juga barang yang bikin saya dan hubby, harap-harap ingin tapi cemas. Impulsive buyer, disatu sisi, playyard baby bed ini punya fungsi buat tempat main si baby skaligus tempat tidur berayun. Praktis ga perlu gendong, tapi berhubung Kina sudah punya box bayi kayu jati yang bagus dan kuat. Kami tidak membelinya, karena paling cuma kepakai sebentar, jadi kalau bagian tidur ditimang pelan itu bagian mama kandung saya pakai jarik hahahah
Trus tempat mainnya Kina, ya di big bed kami dengan kanopi sebagai kurungannya.

Baby carrier
Saya punya dari model wrap sampe premium, semuanya terkalahkan oleh jarik!
Believe me, sebagus apapun model gendongan tetap lebih enak pakai jarik.
Dulu pas hamil saya beli baby wrap seharga idr.180.000 dan ga pernah terpakai sampai sekarang karena ribet. Sementara baby carrier lainnya masih teronggok rapi,belum kepakai.

MPASI Stuff
Ini penting banget. Wajib punya. Ga mungkin kan , buat bikin makanan bayi kita pakai bareng dengan alat masak makanan rumah/makanan non bayi.
Yang saya persiapkan sejauh ini baru kukusan tupperware dan alat makan. Masih harus hunting printilan lain.

Clodi
Wajib punya kalau ga mau banyak cucian dan ga mau pakai diapers/pospak.
Lebih irit dan gampang nyucinya.
Kekeliruan saya, saya beli clodi ga nyicil dari pas hamil. Jadi ketika beli 3-4 clodi , terasa banget dompetnya, hahaha
Sekarang Kina punya sekitar 12 clodi lokal maupun impor.

Diapers/pospak
Perlu punya walaupun sudah punya clodi, buat cadangan. Kita ga pernah tau kapan kita terlalu lelah/ga sempat nyuci clodi, kita juga ga pernah tau kapan cuaca panas jadi clodi cepet kering (clodi ga boleh di cuci mesin)

Kain jarik gendong
Se modern apapun seorang ibu, tetep harus punya kain jarik buat gendong dan bisa memakainya. Menggendong pakai jarik, membuat bayi aman, bisa diselimuti. Ok dah jarik.

High Chair
Saya prefer booster seat ini. Ketimbang beli high chair. Ga lama sih pakainya kalau high chair ya.

Note:
Bijaklah dalam memilih baby & mommy gear ya parents. Kebutuhan anak semakin besar itu banyak lho 🙂

Leave a Reply

