Membuat tepung beras sendiri

Tidak terasa usia Kina sudah 5,5bulan. Which is mean sebentar lagi Kami akan memulai MPASI.

Setelah saya konsultasi dengan dokter anak, beliau bilang karena makanan pokok kita orang Indonesia adalah nasi(karbohidrat) jadi kenalkam dengan karbohidrat terlebih dahulu.

Jadilah saya merencanakan memberi Kina bubur tepung beras susu.

Memilih dan menimbang baik buruknya, sama seperti menimbang apakah sufor atau ASI?
Sayapun sampai pada komitmen awal saya sebagai ibu untuk memberikan yang terbaik bagi Kina. Walaupun saya harus repot.
Artinya saya akan buat tepung beras sendiri, tidak beli jadi tinggal seduh/makananan bayi instan yang iklannya banyak bertebaran di televisi.

Sempat pengen cari tepung gasol dulu,tapi ntar aja deh. At least 2 minggu pertama Tepung beras buatan kami sendiri dulu. Hehehe

So here we goes today, “mencoba membuat tepung beras sendiri”

Bahan Utama : beras merah & cinta pada bayi kita.

Alat pendukung:

1. Blender dry mill ukuran kecil untuk blender bumbu.

2. Wajan untuk men-sangrai beras.

3. Mangkok kaca

4. Saringan atau ayakan tepung.

5. Sendok makan untuk mengukur jumlah beras dapat berapa kali tepung (asumsi awal, 2 sendok tepung = 1x makan). Jadi tau berapa kg beras yang harus dibuat per minggu.

6. Wadah penyimpan tepung beras. Tidak usah besar-besar.

20131203-084332 PM.jpg

Cara membuat :

1. Bersihkan beras lalu tiriskan.

2. Sangrai beras sampai cukup kering. Hanya untuk cari panas supaya kuman mati.

3. Blender beras.

4. Hasil blenderan beras disaring dengan ayakan/saringan.

5. Beras yang tidak tersaring jadi tepung dapat diblender lagi. Dan ulangi langkah 4.

6. Boleh iya boleh tidak. Sangrai tepung beras sbentar sebelum dimasukkan ke wadah.

7. Masukkan tepung beras ke dalam wadah dan tutup rapat.

Note:

1. Saya bikin tepung beras dengan beras sebanyak -+ 250gram bisa untuk 4x makan (1-2 sendok/makan).

2. Bikin tepung beras jangan terlalu banyak. Cukup untuk seminggu saja. Karena tanpa pengawet jadi 1-2minggu saja tepung beras layak dimakan. Patokan saya seminggu. Jadi tiap minggu saya alan membuat tepung beras.

20131203-084408 PM.jpg

2 thoughts on “Membuat tepung beras sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s