ASI dan tetap eksis

Me back !

Kalau bisa nulis blog gini, pasti Kina lagi bobo…

Well, sebagai seorang ibu muda dan perempuan muda yang mobile, menyusui adalah salah satu tantangan terberat saya ketika harus keluar rumah.

Dulu sebelum saya resign dari pekerjaan, hamil trimester pertama saya masih bawa kendaraan sendiri dan bepergian ke sumatera. Hamil trimester kedua masih bisa bepergian keluar kota dan masih naik turun tangga di kantor sampe waktunya cuti hamil.
Hamil 9 bulanan, masih nyetir mobil senam hamil.

Saya ga pernah lepas dari mobilitas. Waktu itu Kina masih di perut saya, jadi mudah saja saya kemana-mana. Toh pada waktu hamil Kina, ga pernah rewel sama sekali. Pas Lahirnya aja yang susah (-_-!)

Nah, terasanya ribet itu justru ketika Kina sudah lahir. Ya walaupun saya sudah tidak 8-17.00 lagi, tetap saja saya masih punya kegiatan yang harus keluar rumah seperti belanja bulanan, bayar tagihan, ke bank urus keuangan,latihan koor dll.

Tiap mau keluar rumah itu rasanya ribet, ribet hati karena ga tega ninggal Kina yang masih unyil dirumah sama eyangnya dan yang paling penting ribet nyiapin stock ASIP (ASI perahan).

Jujur saya tidak nytok ASIP di freezer yang katanya bisa tahan berbulan-bulan karena keterbatasan fasilitas yang ada. Pompa ASI pun saya hanya punya satu yang manual pula. Jadi kalau saya mau pumping berkali-kali, nyuci steril pompanya juga berkali-kali.

Keadaan ini makin terasa ketika akan ninggal Kina keluar rumah, sehingga solusinya adalah :

1. Saya tidak pernah ninggal Kina lebih dari 4 jam.

2. Malam hari kalau saya akan pergi lama, ASI sudah saya perah dan masuk kulkas.

3. Tidak boleh hanya mengandalkan ASIP saja, tapi satu jam sebelum saya pergi, saya juga harus pumping ASIP fresh tidak saya masukkan kulkas.

FYI, ASIP fresh dalam keadaan suhu ruang dan bersih bisa tahan selama 4 jam optimal. 6-8 jam baik.

4. Sebelum berangkat selalu sudah saya siapkan semuanya yang terdiri dari alat steril, ASIP, botol sendok.
Seperti ini

20130830-011531 PM.jpg

So, saya tetap pro ASI dan tetap eksis !

Leave a Reply

