Imunisasi Kina

Kali ini saya mau bahas imunisasi. As we know imunisasi adalah pemberian vaksin / virus yang dilemahkan ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan/perlindungan terhadap penyakit yang ditimbulkan oleh virus tersebut.

So ketika Kina lahir, mulailah perjuangan kami memberikan imunisasi terjadwal sesuai dengan rekomendasi IDAI(Ikatan Dokter Anak Indonesia) . Karena saya orang tua baru dan bukan seorang dokter , ga ngerti mendalam soal imunisasi , maka saya berpatokan pada saran DSA, Dokter di BKIA (Balai Kesehatan Ibu dan Anak) rumah sakit kasih ibu dan jadwal pemberian imunisasi itu.

And we start the journey of imunisasi yang ternyata menghabiskan biaya banyak sekali sodara-sodara (-_-!)

1. IMUNISASI POLIO-0 dan HEPATITIS B-1

Dilakukan dirumah sakit ketika Kina lahir dan ketika mau pulang dari rumah sakit. Sehingga
Harga : ga tau karena include dengan biaya total persalinan.

2. HEPATITIS B-2
Dilakukan di klinik DSA, waktu itu mau di double dengan BCG. Tapi karena DSA bilang Kina lagi alergi, jadi diberikan 1 dulu&salep alergi untuk menyembuhkan karena takut BCGnya ga afdol.

Harga vaksin hepatitis B : Rp. 175.000
Disuntik di paha kanan atas.

3. BCG

Pemberian vaksin ini dilakukan di BKIA rumah sakit kasih ibu. Berhubung ini salah satu vaksin dasar yang disubsidi oleh pemerintah jadi …

Harga : Gratis. Cuma ganti biaya dokter&spet/suntikan saja sebesar Rp.13.000.

Vaksin ini disuntikkan di lengan kanan atas. Setelah suntik harus langsung pulang dan tidak boleh mandi dulu. Di kulit akan timbul bekas suntikan.
Puji Tuhan Kina tidak panas dan tidak muncul bisul di bekas suntikan.

4. POLIO + DPT + Hib

Dilakukan di BKIA kasih ibu. Dengan model combo. Sekali suntik, langsung 3 vaksin masuk ke tubuh. #ajegile

Jenis vaksin yang saya pilih yang tidak pakai panas. Karena saya belum tau,Efeknya ke Kina apa daripada ambil resiko.
Kata suster, kalau yang tidak panas nanti setelah vaksin dia hangat/panas, maka kemungkinan besar yang biasa (pakai panas) akan panas tinggi.

Harga : Rp. 433.000

Yang mahal jelas banget karena tidak pakai panas&vaksin Hib. Karena polio&DPT saat ini adalah vaksin wajib pemerintah. Sedangkan Hib adalah anjuran.

Kalau yang biasa/pakai panas badannya, harganya sekitar Dua ratus ribuan rupiah.

Kata suster bekas suntikannya harus dikompres air hangat sesering mungkin.

Hasilnya bekas suntikan di paha tidak menimbulkan bengkak, tapi memang nyeri Sehinggany siang hari sampai sore Kina jadi rewel dan kesakitan kalau dipegang paha kirinya.

Belum selesai, malamnya sampai menjelang pagi dini hari, badan Kina jadi hangat 36,9C (biasanya 36,5an) dan rewel sepanjang malam *mungkin badannya meriang juga. alhasil kami ronda sampai pagi.

Untungnya paginy,sudah baik2 saja. Fiuffff udah pilih vaksin yang ga pake panas #mahalPula# aja efeknya masih gini apalagi yang biasa. Huiks

Untuk saat ini, Kina sudah 2x imunisasi model ini dan tidak hangat/panas.

5. ROTAVIRUS

Nah ini dia imunisasi update tambahan dari yang tahun 2010 ke tahun 2011 IDAI. Imunisasi ini untuk imunisasi diare.
Modelnya tetes/drop. Tapi jangan salah, ga cuma setetes dua tetes. Tapi sekian mililiter. Alias banyak.

Cairan imunisasi ini, rasanya manis tapi bikin eneg bayi. Sehingga biasanya bayi yang kekenyangan akan susah menelan atau malah muntah kalau diimunisasi rotavirus ini.

Harga kurang lebih Rp. 290.000

Dalam kondisi Kina, waktu itu saya sudah tau kalau imunisasi ini model drop. Tapi saya tetap jaga-jaga karena biasanya Kina nangis dan minta mikcucu kalau habis disuntik, jadi saya susui Kina dulu sebelum berangkat ke RS. Alhasil sampai RS Kina masih tenang&kenyang.

Ketika diminum sama susternya, mulai gumoh deh dan ada cairan rotavirus yang tumpah tapi sedikit.

Alhasil, minuminnya pake iklan dulu. Setiap kali mau gumoh/terlihat eneg, daripada muntah&cairan imunisasinya keluar lagi, Kina saya gendong ajak jalan-jalan dulu. Baru setelah tenang, diminumin lagi.

Jadi menurut bidan BKIAnya, sebelum imunisasi model drop, sebaiknya bayidi ikin sedikit lapar dulu supaya ga eneg dan cairn imunisasinya bisa lancar masuknya ga pake acara gendang gendong dulu. I’ll remember that!

Untuk saat ini, Kina sudah 2x imunisasi.

6. PCV / IPD
Tadi pagi Kina imunisasi PCV.
Jenis imunisasi ini imunisasi suntik.

Penjelasan vaksin ini bisa dibaca disini

Vaksin ini diulang setiap 2 bulan sekali. Kegunaan vaksin ini untuk mencegah terjadinya IPD,

Harga imunisasi PCV di RS.Kasih Ibu tahun 2013-Rp. 850.000.

Untuk saat ini, Kina sudah 2x imunisasi.

Tunggu update imunisasi selanjutnya ya…:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s