What Kina do on her first 3 month

My baby girl,sejak pulang kerumah sudah punya daily routine activity yang bayi banget :))

Every morning, Kina always ngompol,poop and nyusu dulu trus bobo-boboan sampe jam 7an…setelah itu Kina diambil alih oleh uti solonya untuk dimandikan dan digendong sebentar.

Abis mandi, biasanya Kina diambil alih lagi oleh Kakung solonya untuk dijemur diluar *baju kali dijemur* oke diperhalus istilahnya ditaruh di bawah sinar matahari biar ga di kamar trus *panjang yei*

Nah ketika Kina diambil alih uti kakungnya, apa yang terjadi dengan kedua orang tuanya?

Saya buru-buru mandi dan sarapan *sarapan kalau ga keburu Kina nangis, kalau Kina keburu nangis ya sarapannya ntar aja kalau inget&laper banget* karena setelah dijemur, biasanya Kina pasti nyusu lagi dan mau bobo atau main-main.

Hubby, nyuci baju-bajunya Kina yang diganti pakai mulai dari kemarin sore. Dengan tangan terlebih dahulu biar bau ompol&poopnya hilang. Jadi ceritanya, Baju-baju Kina always dicuci 2 shift , pagi dan sore. Abis itu baju-baju Kina masuk ke mesin cuci dan dikering lalu diambil alih oleh pembantu untuk dijemur. Dan hubby buru-buru mandi & sarapan lalu berangkat ke kantor.

Mweeehh….itu pagi, kalau siang ?

Siang, Kina full sama saya mulai dari ninaboboin , ngajak main , nyusuin sampe gantiin baju kotornya. Kadang ada hari dimana Kina rewel terutama kalau badannya lagi ga enak, uti&kakungnya turun tangan membantu menenangkan.

Sore-Malam, Kina sama saya&hubby yang sudah pulang kantor. Pulang kantor, hubby nyuci baju -baju Kina yang dari pagi-sore. Saya ninaboboin Kina *baca: gendongin Kina bolak balik jalan ruang tengah-ruang tamu kira-kira 10 kali*.

Malam bobo, Kina jelas Full sama saya&hubby. Saya bagian Nyusuin&ninaboboin , hubby bagian gantiin baju *Kina gampang berkeringat karena udara di Solo emang panas&sedang pancaroba*
Dulu pada Malam hari Kina bangun tiap 2 jam untuk nyusu&buang air. Tapi di atas 1 bulan, Pola tidur Kina sudah mulai teratur. Buang air&nyusu sekitar 3-4 saja semalam mulai jam 22.00-06.00.

Oh ya, pernah setelah gendong Kina sebelumnya karena Kina rewel subuh-subuh, dan saya udah dipipisin dan diPoopin. Lengket banget deh, abis bersihin Kina dan dia bobo,
saya langsung mandi jam 04.00 pagi saking ga tahannya. Dan akhirnya, sore harinya saya yang masuk angin *hiks*

Lalu apalagi kegiatan ekstra diluar itu, naik gunung? Jelas belum dong *garing deh gw*, kegiatan lainnya adalah Imunisasi sesuai jadwalnya dan pijat bayi seminggu sekali. Kadang kalau ada acara keluarga besar ya datang. Hohoho

Bdw, minggu ini saya merasakan rasa yang luar biasa miris sebagai seorang Ibu. Melihat Kina muntah/gumoh, bersin-bersin walaupun ga sering karena musim pancaroba, bikin hati saya miris banget. Rasanya pengen saya aja deh yang sakit jangan anak.

Dan saya bersyukur ada orang tua kandung saya yang membantu merawat Kina dengan baik&maksimal, kebayang ya…after caesar saya harus memulihkan diri sampai benar-benar pulih selama 3 bulan ke depan.

20130726-102122 AM.jpg

Dan kenapa cucian Kina sehari-hari bisa sebanyak itu?

Karena saya memilih untuk tidak memakaikan diapers ke Kina. Mending abis buang air lsg diganti deh, kebayang kan kalau di iklan-iklan bilang diapers2 itu bisa sampai sekian kali buang air. Imagine kalau kita perempuan dewasa buang air pasti langsung dibersihkan to! Kemudian kalau lagi haid, bisa sampai ganti pembalut sekian kali sehari karena lembab.
Masa ya anak perempuan saya, mau saya pakaikan diapers sekali pakai trus setelah sekian kali buang air baru dibersihkan, oh Noooo!

Kelemahan metode “hanya kalau pergi baru pakai diapers” ini adalah kalau malam hari, harus rela bangun tiap beberapa jam pas ngantuk-ngantuknya untuk ganti baju Kina karena basah, dan kalau poop, harus nungguin sampe Kina selesai poop baru bisa tidur lagi *buat saya plus nyusuin Kina dan ninaboboin*.

Trus mencucinya pun rada ribet, kain-kain yang kena poop harus dibersihkan duli di toilet, lalu nodanya dihilangkan pakai sabun batangan. Sedangkan ompol, direndam dulu dengan cairan penghilang bau ompol. Setelah itu, baru semuanya dimasukkan ke mesin cuci.

And yeah, sayapun juga belajar bahwa Anak adalah titipan Tuhan, saya yang bertugas merawat&menjaganya semampu saya, sisanya berpasrah diri serahkan semua pada tangan Tuhan yang menjaga&menggandeng Kina dalam hidupnya di masa depan diiringi dengan Doa saya Ibunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s