Taksi Di Kota Malang

As usual sejak saya hamil, kalau saya bepergian ke kantor biasanya diantar jemput bapak mertua , tapi itu hanya jatah saya ke kantor saja. Kalau untuk kontrol dokter, ke greja dan urusan lain selain kantor biasanya saya mengakomodasi transportasi saya sendiri. Dan sejak motor saya pensiun dari kancah jalan raya, maka biasanya saya pilih taksi.

Why taksi ?

  1. Kalau naik angkot, tau sendiri dimana-mana angkot itu suka kasar. Penumpang belum duduk/naik dengan benar udah tancap gas aja. Ga liat-liat ibu hamil, apalagi pas saya hamil ,saya ini masih suka dipanggil “mbak” alias ga keliatan kalau lagi hamil. Daripada ambil resiko jatoh atau kenapa-kenapa , mending kagak usah naik angkot. Piliha jalan kaki aja kalau dekat.
  2. Kalau naik taksi lebih private, alias ga campur aduk duduk deket-dekatan sama orang lain. Menghindari orang yang batuk-batuk atau bau badan ga enak, daripada saya parno sendiri.
  3. Kalau nyopirnya ngawur dan ngebut,saya punya kuasa untuk negur/marah. Kalau angkot, boro-boro negur. Menyelamatkan diri aja sudah untung.
  4. Akses taksi bisa kemana-mana sampe di tempat tujuan, apalagi kalau saya dari kantor yang jelas-jelas terpencil ga ada angkutan umum, jadilah taksi.

Yep,..sejak saya menjadi taksiers, hampir semua jenis dan merk taksi di malang sudah pernah saya coba. Dan menurut saya taksi terjelek pelayanannya adalah gerombolan taksi yang warna mobilnya biru setengah tua/biru tua dan hijau (agak kuning lah). *no merk ya* lagian di malang cuma ada 3 jenis warna taksi koq. Gampang banget menerkanya.

Why oh why ?

Kita bahas persamaannya :

  • Soal Argo : Taksi biru setengah tua ? biru tua dan taksi hijau kekuningan itu kalau dinaikin penumpang secara dadakan ga pake nelpon kepangkalan taksi, pasti suka nembak harga!  Sebagai contoh : pagi ini dari UMC kantor saya, saya naik taksi ke stasiun untuk tuker tiket, kenanya cuma Rp. 25.ooo. Pulang dari stasiun saya mendekat ke kumpulan taksi-taksi dan dapet taksi warna hijau muda kekuningan itu, dan sopirnya langsung bilang dari stasiun ke UMC, Rp. 35.000 !  berhubung tadi saya juga mau mampir-mampir, akhirnya saya iyakan dengan syarat saya mau mampir-mampir dan dia harus menunggu kalau ga trima pake aja argo, pertama si sopir mau membantah tapi akhirnya karena saya galak, jadilah si sopir taksi menurut. Parahnya lagi dia ga ngerti dimana itu UMC !
  • Soal pelayanan pangkalan : sama aja buruknya, pernah nih saya nelpon pesen taksi, dibilang oleh operator, iya iya …tapi setelah saya tunggu 1 jam baru ada sms ke hp sy menyatakan kalau tidak bisa melayani karena penuh. Yaelah ngemeng kek dari tadi saya nelpon.

Perbedannya adalah : kalau naik taksi yang biru, sopir taksinya cenderung cerwet nya minta ampun. Ga diajak ngomong, tapi nyerocos terus kaya knalpot mulai dari ngomongin politik sampe  ngomongin urusan rumah tangganya alias curcol *lu kate gw psikolog* , dan kalau saya bosan menanggapi saya cuma menjawab ya &tidak saja. Atau saya diamkan.

Intinya di malang ini ada 3 jenis warna taksi, biru ,hijau muda dan putih dengan corak warna-warni. Nah biasanya saya lebih nyaman pakai si putih dengan corak warna -warni yang bermerk nama seorang perempuan dan sama dengan nama sebuah kosmetik .

Setiap saya naik taksi si putih ini, selalu pakai argo dan sopirnya jarang banget ada yang eror. Kemudian kalau nelpon ke pangkalan, pasti selalu dijawab mbak-mbak dengan ramah dan kalau emang bener-bener ga ada taksi, biasanya langsung diomongin. Jadi saya ga nunggu-nunggu.

Walaupun kadang ada juga trouble seperti sopir yang ngebut, sopir coba-coba nembak tanpa argo tapi itu hanya sebagian kecil dari keseluruhan taksi yang dimiliki si putih warna-warni ini.

Jadi kalau readers going to malang dan harus naik taksi, hubungilah taksi di putih warna-warni ini, walaupun ga senyaman dan sebagus maskapai taksi terbesar se Indonesia berwarna biru muda dan sayangnya ga ada di malang, hanya ada di kota-kota besar , tapi si putih ini pelayanannya bisa dipertangungjawabkan.

Say no to taksi biru atau hijau di malang kecuali kepepet banget si putih lagi ga kosong.

Ciao readers …🙂

Leave a Reply

