Mata Kuliah “Packaging”

Beberapa waktu yang lalu saya menyadari keajaiban mata kuliah packaging atau mata kuliah mendesain bungkus/bentuk sesuatu untuk dijadikan suatu wadah. Pernah ga sih terpikir kenapa tutup botol kaleng susu itu plastik dan bulat rata , atau kenapa tercipta sebuah bungkus makanan ringan yang bisa ditutup kembali dan lain-lain.

Yep keajaiban-keajaiban itu bisa kita pelajari dan temui di mata kuliah packaging , biasanya mata kuliah ini ada di jurusan teknik industri. Di kelas itu kita akan belajar mendesai sebuah bungkus yang sesuai untuk “isi”nya dilihat dari segi sifat dan volume dll.

Kadang kalau saya melihat bentuk sebuah pinset, yang biasa digunakan untuk mencabut bulu *ehm..ternyata pinset juga memiliki fungsi lainnya yaitu menarik tali sprei guling yang masuk / ketarik ke dalam spreinya sehingga menyusahkan kita untuk membungkus guling itu sendiri ,seperti yang saya lakukan di bawah ini🙂

Atau…bisa juga kadang-kadang saya ternganga melihat sebuah benda sederhana ini, yaitu tutup rinso cair yang saya gunakan untuk menakar jumlah rinso yang akan saya campurkan ke cucian, biasanya setelah dituang kan masih ada sisanya tuh, kalau tutupnya berdesain tutup baisa, pasti sisanya akan mengotori botol keluar dari tutup atau malah mungkin kita ahrus menghabiskan semuanya dan mencuci bersih tutupnya kemudian baru ditutup kembali alias repot. Tapi dengan tutup model bgini …

Dengan tutup ini kita ga perlu ribet ! kalaupun ada sisa cairan di dalam tutup tinggal ditutup aja lagi dengan rapat dan cairan itu akan turun bergabung dengan cairan yang ,masih ada di dalam botol….

Desainer Packaging itu penting banget, ini baru benda yang ga bisa dimakan, kalau makanan mendesainnya lebih rumit lagi, mereka harus tau model makanan dan sifatnya *cepat basi atau melelh atau bagaimana* , atau mendesain packaging obat , bagaimana mendesain packaging obat supaya lebih menarik dan bisa menahan bau obat yang sangat menyengat seperti misalnya aromatherapy atau minyak2an…

So, tertarik menjadi desainer packaging ?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s