Narsis, Ngeksis atau cari perhatian ?

Sekali-sekali pengen buat tulisan “nyampah” di sela-sela proses persiapan pernikahan saya. Berawal dari kekesalan saya melihat status update bertubi-tubi dari seseorang yang munafik kalau ga boleh dikate nge-sok.

Dulu saya pernah mengamati org ini suka protes kalau ada teman di FB nya yang hobi mengupdate status berkali-kali, dan dia menyatakan keprotesannya itu di dalam statusnya dia.Dan kebetulan seseorang yang hobi mengupdate status ini juga teman saya d FB.

Melihat fenomena ini pikiran saya begini :

  1. Kalau dia gak suka liat orang update status, kenapa gak dia unsubscribe atau un friend aja sekalian tu org yg ngeganggu dia? bukannya menunjukkan menunjukkan dengan sok berkuasa kalau gak suka dengan kelakuan org itu dan mengatakan kalau tidak peduli.
  2. Kalau emang gak peduli, kenapa repot-repot pakae nulis status ? kembali lagi ke point awal, langsung un friend aja beres kan. *ini namanya PEDULI tapi sok gak peduli*
  3. FB itu adalah hak semua orang yang tergabung ke dalamnya, kalau dia punya home dia punya wall suka-suka orang itu dong mau ngapain aja di wallnya. Balik lagi ke point awal, kalau ga suka liat aktifitasnya dia di home, ya udah delete aja atau Unsubscribe ? *yaelah
  4. Daripada ngomongin kelakuan orang di FB lewat status mending kontrol dulu kelakuan kita sendiri to? Toh juga saya sering mendapati banyak sekali orang-orang yang menjadikan FB itu hanyalah “ajang jaga image” , jadi nyampahnya di tempat lain seperti :
  • BBM status *buat yang punya BB*,
  • Status YM *yang sering online ym*
  • Twitter *yg hobi menggosip*
  • Plurk *yang merasa sangat ingin privasi jafi bs cuap2 seenaknya*
  • Dan jejaring sosial lainnya.

Jadiii….. kalau menurut saya semua orang pada dasarnya itu ingin diperhatikan sebagai makhluk sosial, kalau lagi kesepaian atau cari perhatian pasti kita akan mengupdate status di jejaring sosial yang kita pilih dan kalau lagi GALAU tingkat dewa pasti akan update status tiap 1 jam sekali *gila, nongkrongin media sosial berapa jam tiap hari?”

Ya dari perilaku psikologis ini, harusnya yaa kita pahamlah kalau ada teman-teman yang suka mengupdate status berkali-kali tiap jam, gak usah dihujat habis-habisan lewat status, biarkan dia berekspresi sebagai manusia, kalau udah ga suka / nyaman balik lagi ke point awal unfriend. Lagipula ketika kita membicarakan orang yang terlalu sering mengupdate status, kita sendiri gak kaya gitu ??? *NGACA*

Saya pribadi jujur punya beberapa akun sosial HAHAHAH seperti FB, Hi5, Tagged, Friendster, Twitter, Plurk, Multiply, Tumblr, yahoo messenger, skype, foursquare. Bagaimana statusnya ?

  1. FB : masih aktif sampai saat ini, sesekali posting picture atau update status check in *secara saya hobi banget kuliner* kadang-kadang masih juga sebagai pengamat, rasanya lucu melihat beraneka ragam status di Home saya yang diupdate oleh teman-teman saya hahaha
  2. Hi5 : kagak jelas, lupa passwordnya, ga pernah disentuh , gak tau masih ada atau engga *OFF*
  3. Tagged : ini juga sama , dulu ikutan ini karena di invite oleh kakak sepupu dan skrg entah gimana nasibnya *OFF*
  4. Friendster : sama aja. sejak ada FB saya jadi gak pernah ngegubris ini, dan skrg jg udah entah keman ujungnya *OFF*
  5. Plurk : ikut ini juga karena ikut2an teman, dibilang ini tempatnya private jadi bisa nyampah aja aja, jadi kalau di FB jaga image, tp di plurk semua hal diupdate ! *oh lalalala* , ini juga nasib akun saya ga tau gimana kelanjutannya dan jujur males banget *OFF*
  6. Multiply : ini juga sama aja *OFF*
  7. Twitter : Jarang banget update status di twitter, follow atau mention orang di twitter, twiiter cuma saya link an ke blog ini, jadi kalau blog ini terupdate maka di twitter akan muncul updatenya. *MATI SURI*
  8. Yahoo Messenger : kalau ini jelas masih, karena di kantor kami berkomunikasi dengan ini, secara gitu ya ruang dosen semuanya sendirian kaya manager ajah, jadi sepi dan komunikasinya lewat media ini.
  9. Tumblr : saya ini penggemar foto dan suka foto2, yang unik atau lingkungan saya, jadi saya suka upload hasil gambar jepretan iphone saya di tumblr ini. Apalagi sejak pake iphone, tapi sy gak pernah foto diri saya sendiri dengan duck face atau dari atas or something else lha… haha *males banget* Akhir-akhir ini jarang banget sih *OFF*
  10. Skype : nah yang ini khusus buat cami, saya dan cami sering banget skypean karena lebih gampang dan mudah.
  11. Foursquare : ini yo ora jelas blas ,sejak FB punya fitur check in, jadi males buka foursquare,tp berniat untuk mengupdate lagi hoho

Jadi bisa dibilang dari 11 jejaring sosial yang ada, saya hanya aktif di FB,Foursquare dan aktif berkomunikasi lewat YM dan Skype. Sisanya blog ini buat melatih kemampuan saya menulis.

Bagaimana dengan BBM? Saya bukan maniak blackberry dan ga minat beli BB dari kantong sendiri kecuali gratis! hahaha Jelas dong saya ga mungkin bergonta ganti status di BBM *see? orang-orang yg punya BBM walaupun ga aktif di FB biasanya cenderung gonta ganti status di BB*

Maksud saya ngemeng panjang lebar itu gini loh, biarlah orang orang dimanapun jejaring sosial itu berskpresi dengan status nyampahnya, kalau ga suka ga usah banyak omong di status juga tinggal delete atau un subscribe seperti yang saya lakukan, pahamilah bahwa kita manusia itu makhluk sosial dan kadang butuh perhatian. Jangan sampai kita ikutan nyampah juga.

Jujur saya sendiri juga paling males liat orang yang jaga image di FB tp di media lainnya “nyampah” dan cerewet banget , hampir tiap ada apaan gitu pasti ganti status. Kesannya koq muna banget ya….See? tiap orang itu butuh diperhatikan juga, cuma gengsi nya selangit !

Tapi juga lebih males lagi kalau liat orang terlalu sering update status di setiap media sosial yang ada sampai di messenger juga begitu haha konyol

Dan yang paling males lagi, liat seseorang menghujat orang lain di status karena terlalu Narsis atau Sering update status, tanpa sadar kalau dia juga begitu *Arrghhh*

P.S: saya baru saja meng unsubscribe orang yang dulunya suka ngomongin orang lain yang menurut dia kebanyakan nyampah di FB. Dulu ini orang ngatain orang lain terlalu update tapi sekarang dia sendiri kaya gitu. Hahaha dan gantian saya yang merasa terganggu dengan updatean komen dan statusnya skrg di home saya. NO OFFENSE ya buat yang baca, this is my blog, kala ga suka ya jangan dibaca🙂

Sini mari saya tunjukkan, cara saya untuk menunjukkan sebuah “ketidakpedulian” di jejaring sosial. Yaitu dengan diam, mengunsubcribe dan benar-benar tidak peduli dan tetap sadar bahwa manusia makhluk sosial yang butuh perhatian juga🙂

One thought on “Narsis, Ngeksis atau cari perhatian ?

Leave a Reply

