Nasi Campur Bali

Kali ini saya ingin membahas makanan favorite saya di Indonesia , yaitu NASI CAMPUR BALI🙂 ya saya memang anak orang jawa, tapi kalau soal makanan karena saya lahir dan tumbuh besar di bali, justru saya malah tidak begitu doyan makan gudeg dan makan jawa lainnya, lidah saya tetap cocok dengan masakan khas bali dengan bumbu genepnya yang kaya dengan rempah-rempah🙂 Ini beberapa nasi campur favorit saya

  • Nasi Warung merta Nadi , warung nasi ini terletak di daerah renon denpasar untuk yang satu ini HALAL, jadi banyak sekali oang-orang yang tidak boleh makan babi tpi suka dengan cita rasa khas bali,  suka makan ke warung ini, terakhir kali saya datang kemari , jam 13.00 siang ,sudah habis-habisan lauk dan nasinya *laris banget kan!*

Isinya kompleks sekali :

  1. ayam disuwir dan ayam dikukus biasa dengan campuran bumbu bali,
  2.  kacang,
  3. sate lilit ayam dengan tusukan bamboo lebar khas bali,
  4. sayur urap *suka banget ama sayurnya!*
  5. kulit ayam goreng,
  6. ati goreng
  7. serta kuah yang biasanya tergantung menu kadang bisa saja jukut ares atau kuah ayam
  8. dan jangaan lupa dengan sambel matah khas bali. Pada dasarnya semua lauknya itu pedas rasanya ,karena pasti dicampur dengan cabe rawit potong kecil-kecil di setiap lauk, kemudian dominasi bumbu bali itu adalah rasa asin, Jika anda tidak terlalu suka dengan pedas dan asin , mungkin susah untuk menikmati masakan bali.

Versi dibungkus

 

  • Yang kedua adalah nasi campur bali babi guling [be guling]🙂

Lauknya sebetulnya sama saja dengan nasi campur di atas,

 

 

 

 

 

Cuma ditambah dengan

  1. sate babi,
  2. tum babi (daging dibumbui dan dibungkus daun seperti pepes dan
  3. urutan. Urutan adalah usus babi yang dibersihkan dan dikosongkan kemudian diisi dengan daging babi yang tidak dicincang hanya dipotong seadanya sehingga bentuk jadinya menyerupai sosis biasanya disuguhkan tidak utuh alias dipotong miring

Ketika di jogja dan di malang saya sempat mencoba beberapa warung masakan bali, lumayanlah untuk melepaskan kerinduan dengan masakan bali tapiii…ya tetap saja tidak ada yang seenak makan di tempat asalnya langsung🙂

 I LOVE Nasi Bali !

Leave a Reply

