Akan ada yang lebih sakit lagi…jadi jangan menyerah

bukan judul lagu dari sebuah band :p

tapi ini pesan dari seorang romo di salah satu komunitas tempat saya memberikan pelayanan di salah satu gereja di kota jogja. Namanya Romo Seno.

Hari itu seperti biasa, pada saat rapat komunitas gereja di Kota Baru , romo ini bilang “jangan pernah lelah untuk mencoba sampai menemukan bentuk yang pas” …dan saya setuju dengan itu, karena hidup ini adalah perjuangan , orang yg menyerah adalah orang yang kalah sebelum bertanding.

dan tadi siang , ketika saya berbicara tentang proses persalinan dengan salah satu kakak perempuan saya , sayapun mendapatkan sebuah kalimat lagi yang menurut saya sangat umum untuk memotivasi diri

“jangan pedulikan rasa sakit ini , karena masih ada yang lebih sakit , teruslah bertahan”

dan puncaknya adalah saya mendengar sebuah cerita yang konyol, sentimen pribadi yang membuat seseorang sampai melarang terang-terangan orang lain untuk ikut dalam komunitas karena rasa iri hati dan masalah pribadinya.

ya memang seharusnya jika kita bergabung dalam suatu komunitas. sejengkel-jengkelnya kita dengan teman satu komunitas karena masalah pribadi sebisa mungkin jangan sampailah kita melarang orang tersebut untuk bergabung dalam komunitas apalagi jika komunitas itu bersifat panggilan hati/jiwa bukan suatu komunitas yang menarik orang untuk bergabung di dalamnya serta merta. Mendapatkan seseorang untnuk bergabung membantu saja sudah susah , tapi meracuni pikiran orang lain untuk membuat orang tersebut menjauhi orang lainnya itu jelas suatu perbuatan yang tidak baik dan melanggar hak seseorang untuk bergabung dalam komunitas kemanusiaan.

Saya bersyukur bahwa orang tersebut , yang dihalangi sampai detik ini masih bertahan melayani sesamanya, Two Thumbs Up for u , no matter what happened keep on track as long as its good for u and others.

Hari itu saya banyak mendapat pelajaran berharga.

“apapun persoalan yang dihadapi , jangan pernah lelah untuk mencoba  , trial error itu biasa , dan sesakit apapun hal yang kamu alami percayalah masih ada yang lebih sakit lagi karena hal ini akan membuat kamu bertahan, buanglah perasaan – perasaan negatifmu terutama rasa iri hati karena ini akan membahayakan dirimu sendiri”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s