MUSIK DAN KEBAIKAN-KEBAIKANNYA

Sudah bukan rahasia lagi bahwa musik mempengaruhi metabolisme tubuh manusia yang akan menimbulkan perasaan santai&tenang. Penelitian [yang saya lupa baca dimana] membuktikan bahwa tubuh manusia cenderung merespon kecepatan irama,nada dan suara dari lingkungan sekitarnya.

Jika mendengar suara  yang kecepatan ritmenya mencapai 60-90 kali per menit,manusia akan dibuat rileks karena kecepatan ini sama dengan detak jantung yang sempurna. Efek lainnya adalah jalan pikiran akan menjadi lebih gesit yang mengakibatkan daya ingat dan belajar naik drastis.

Khusus buat saya,mendengarkan musik membuat saya lebih tenang dan memainkan musik membuat saya lebih bisa mengontrol emosi. Karena dalam bermain musik kita perlu mengatur dinamika supaya musik menjadi lebih dinamis.

Irama musik itu berbeda-beda efeknya baginya pendengarnya,irama dengan tekanan nada yang beraturan cenderung mempengaruhi ritme psikologi seseorang sehingga jadi beraturan juga,tapi sebaliknya jika ritme dan nadanya kurang beraturan maka akan menganggu system psikofisik tersebut [Wim Salampessy,Terapi Dengan Musik]

Seorang psikolog dari Bulgaria Dr.Geargie Lozanov membuktikan dalam penelitiannya bahwa mendengarkan musik dari jaman barok atau romantic (biasa kita kenal dengan musik klasik) dapat membantu mempersingkat waktu belajar,karena musik-musik tersebut memiliki irama yang lambat.ritmik yang dinamis.enerjik dan “kalimat” musik yang lembut tapi sangat memiliki arti yang kuat. Musik yang lambat dapat menyebabkan gelombang otak pada keadaan prima,dan keadaan yang tenang dapat membuat pikiran jernih. Daya belajar dan serap otak berada dalam kondisi yang maksimal.

EFEK MOZART

Well…musisi dari jaman klasik ini sangat terkenal di dunia musik klasik. Pada eranya kegiatan mozzart sama seperti musisi lainnya yaitu bermain untuk raja. Salah satu karya terkenalnya yang suka saya mainkan bersama teman-teman ansamble saya adalah Eine Kleine Nachtmusic. Lagu ini mempunyai beat yang dinamis,dan sangat enerjik. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa musik klasik mempunai pengaruh besar dalam perkembangan janin.

Ibu hamil disarankan untuk memperdengarkan musik-musik klasik pada saat sedini mungkin. Hal ini dapat menyebabkan intelegensi si bayi meningkat dan memberi ketenangan bagi sang ibu. Selain manfaat diatas musik klasik juga sangat mempengaruhi perkembangan otak anak IQ maupun EQ. Anak yang sejak kecil mendengarkan musik klasik akan lebih berkembang EQ&IQ nya dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik klasik. Hal itu disebabkan karena musik klasik berasal dari denyut nadi manusia [Grace Sudargo].

Dr.Soedjatmiko dalam simposiumnya menyebutkan bahwa nutrisi dan stimulasi dini sangat penting bagi perkembangan kemampuan kognitif anak. Pengalaman stimulasi bisa diberikan sejak triwulan kedua dalam kandungan. Alfred Tomatis dalam Penemuan efek Tomatis dan orang pertama yang memahami fisiologi perbedaan antara ‘mendengarkan’ dan ‘mendengar’ mengatakan bahwa telinga mulai berkembang sejak kehamilan berusia sepuluh minggu dan mulai berfungsi pada usia empat setengah bulan.

REFRESHING

Ini adalah manfaat dasar dari segala jenis musik sebetulnya. Setiap manusia yang memiliki perasaan,di saat bosan,suntuk dan buntu tanpa tahu apa yang harus dilakukan,mendengarkan musik bisa menjadi salah satu solusi. Musik dapat membuat kita menjadi refresh dan segar kembali. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi kita yang memiliki tantangan berat dalam hidup karena membuat si pendengar bisa kembali bersemangat.

MOTIVASI

Arti kata motivasi menurut kamus yaitu berasal dari kata Motive yang berarti what induces a person to act. Motivasi bisa timbul bila kita memiliki perasaan tertentu. Jika ada motivasi maka seseorang akan cenderung bersemangat untuk melakukan sesuatu. Banyak jenis irama yang dapat menimbulkan motivasi tertentu pada setiap orang. Seperti musik disco atau hiphop,irama ini memotivasi setiap orang lebih bergerak dan melatih otot-otot. Sedangkan irama mars dapat mengobarkan semangat  perjuangan.

PENYEMBUHAN

Banyak sekali terapi kesehatan dewasa ini yang menggunakan musik. Salah satunya adalah sedang berusaha saya dalami yaitu terapi untuk anak autis. Dengan memainkan musik anak autis akan lebih mudah untuk memfokuskan perhatiannya kepada satu hal. Juga dapat melatih syaraf motoriknya supaya lebih teratur geraknya. Terapi kesehatan dengan musik juga dapat meningkatkan atau memperbaiki kondisi fisik,emosi,kogniti dan social bagi individu dari ebrbagai usia. Memang prosesnya tidak cepat tetapi secara bertahap dan teratur perkembangannya. Banyak rumah sakit di luar negeri yang sudah memanfaatkan musik untuk terapi penyembuhan ini. Dengan cara melengkapi ruang pasien maupun operasi dengan sound system.

Ada sebuah film yang berjudul “city of angel” dimana saya melihat ada seorang dokter yang melakuka operasi dengan mendengarkan musik jazz disaat dia mencapai tingkat kesulitan atau kelelahan yang tinggi. Mendengarkan musik membuat pelaku operasi lebih relaks saat mengerjakan pekerjaannya.

KOMUNIKASI

Musik juga merupakan media untuk menyampaikan sesuatu kabar. Saya biasa melakukan itu terhadap orang-orang yang saya sayangi. Biasanya saya memainkan musik untuk mereka dalam menyampaikan perasaan saya. Atau misalnya jika saya memiliki perasaan lain seperti sedih atau senang,saya biasanya memainkan musik sesuai dengan perasaan saya. Biasanya orang yang mendengarkan permainan saya diluar ‘jam latihan teratur saya’ akan tahu dengan cepat bagaimana perasaan saya saat itu. Banyak juga contoh di dunia nyata seperti jika seorang pria ingin mengungkapkan perasaan kepada seorang wanita, maka pria itu akan memainkan gitar untuk si wanita. Soundtrack Film juga merupakan contoh pemakaian musik untuk berekspresi. Membantu para penonton untuk lebih meresapi perasaan yang terkandung dalam film tersebut.

KEBANGGAAN

Ya mungkin manfaat terakhir yang bisa saya temukan dari kebaikan-kebaikan musik ini lebih spesifik kepada komunitas tertentu,yaitu musisi. Every musician proud with their music. Musik membuat para musisi bangga bisa memainkannya ataupun menyanyikannya. Terlebih jika maksud yang terkandung dalam setiap bait dan irama itu dapat dicerna oleh pendengar,karena itu berarti para musisi tersebut sukses menyampaikan inti dari sebuah lagu.sama seperti acting,seorang aktris/akor akan bangga jika penontonnya merasa simpatik maupun marah dengan lakon mereka di sebuah sinetron.film,karena itu artinya mereka berhasil menyampaikan kemauan sutradara dalam peran yang mereka mainkan dengan baik. Tidak semua orang bisa bermain musik,sama seperti talenta lain(pelukis,penari,penyair),musisi mendapatkan anugerah dari Tuhan untuk dapat menyemarakkan dunia ini dengan nada-nada indah. Jadi bisa bermain musik dapat membuat seseorang bangga dan menumbuhkan rasa kepercayaan diri yang kuat karena dia tahu bahwa dia memiliki sesuatu.

Baiklah…saya rasa cukup kali ini dengan artikel saya mengenai musik&kebaikannya. Yang jelas semua unsur di dunia ini pasti ada kebalikannya,jika ada kebaikan pasti juga ada kejahatan. Jika banyak orang menjadikan musik sebagai media positif, ada juga Kesalahpahaman dalam memahami musik dan menjadikan musik sebuah media yang jahat. Semua filter ada dalam diri kita.

Salam Hangat

Dessy🙂

Referensi : Majalah Staccato

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s